Perbedaan KPR Rumah Baru dan Bekas, Mana yang Lebih Untung?

Perbedaan KPR Rumah Baru dan Bekas

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bukan lagi merupakan hal yang asing di tengah masyarakat kita dewasa ini karena sebagian besar orang Indonesia menggunakan layanan ini untuk dapat membeli hunian. Saat ini, layanan KPR bahkan dapat digunakan untuk membeli rumah baru maupun bekas. Tentu terdapat beberapa perbedaan KPR rumah baru dan bekas. Lalu sebenarnya apa saja perbedaan KPR rumah baru dan bekas itu?

Jawaban tersebut dapat Anda ketahui melalui informasi yang telah dirangkum pada artikel berikut. Artikel berikut membahas mengenai perbedaan KPR rumah baru dan bekas yang dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli rumah pilihan. Simak informasi lengkapnya!

1. Harga

Perbedaan KPR Rumah Baru dan Bekas
Sumber: Freepik

Perbedaan KPR rumah baru dan bekas yang pertama dapat dilihat dari harga yang ditawarkan. Umumnya, nominal KPR rumah baru akan lebih mahal karena kondisi hunian masih bagus dan belum pernah ditempati oleh siapapun dibandingkan dengan KPR rumah bekas yang relatif murah.

Meskipun demikian, jika Anda membeli rumah bekas, Anda bisa mendapatkan rumah yang lebih luas dengan mengeluarkan dana kredit dengan jumlah yang sama dengan membeli rumah baru.

2. Keamanan

Perbedaan KPR rumah baru dan bekas selanjutnya dapat ditinjau dari keamanan rumah. Biasanya cluster rumah baru cukup menguntungkan karena memiliki satu gerbang utama dan ada petugas keamanan yang berjaga selama 24 jam. Sistem cluster juga membuat kendaraan yang melewati bagian depan rumah menjadi terbatas dan tidak padat.

Hampir sama halnya dengan KPR rumah baru, lingkungan hunian bekas pun memiliki petugas keamanan yang menjaga selama 24 jam. Bahkan, lingkungan tersebut biasanya juga memiliki sistem keamanan lingkungan (siskamling) warga.

3. Fasilitas Rumah

Perbedaan KPR Rumah Baru dan Bekas
Sumber: Freepik

Selanjutnya, perbedaan KPR rumah baru dan bekas juga terletak pada fasilitas rumah yang ditawarkan. Berbeda halnya dengan KPR rumah bekas pada umumnya, Anda tidak perlu repot lagi memasang jaringan listrik, saluran air, dan sambungan telepon jika memilih membeli KPR rumah baru. Bahkan, Anda cukup hanya melengkapi bagian rumah dengan perabotan yang diperlukan.

4. Fasilitas Lingkungan

Ketika memutuskan membeli rumah baru, besar kemungkinan kamu belum memiliki tetangga atau bahkan rumah tersebut belum selesai dibangun. Selain itu, lingkungan di sekitar rumah pun belum terbentuk sehingga fasilitas belum lengkap atau bahkan belum ada.

Berbeda dengan hal tersebut rumah bekas memiliki fasilitas lingkunga yang lebih lengkap. Biasanya di sekitar rumah sudah terdapat fasilitas umum, seperti taman, sarana ibadah, atau sarana berolahraga.

5. Dana Renovasi

Jika Anda memilih membeli rumah baru, kualitas rumah baru tentu masih sangat bagus sehingga Amda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk merenovasi rumah tersebut. Namun jika memilih KPR rumah bekas, kamu harus menyiapkan biaya untuk renovasi. Hal tersebut karena sebelum ditempati, rumah bekas tentu sudah pernah ditempati oleh orang lain. Sehingga, tidak menutup kemungkinan adanya kerusakan di beberapa bagian rumah, baik kerusakan yang kecil maupun besar.

Demikian beberapa informasi mengenai KPR rumah baru dan bekas. Semoga artikel tersebut dapat membantu Anda.

Temukan hunian impian Anda bersama Xavier Marks Kelapa Gading dan pastikan Anda mendapat info lengkap mengenai berbagai hunian premium yang nyaman dengan berbagai penawaran dan promo terbaik di akun Instagram @xmarks_kelapagading dan website Xavier Marks Kelapa Gading disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest post

Gallery

Send A Message

Ada yang Ingin Anda Tanyakan Pada Kami?

Xavier Marks Summarecon Bekasi siap menjadi partner terbaik Anda untuk berdiskusi dan memberikan kemudahan transaksi dalam bidang real estate