Perbedaan Komplek dan Perumahan, Mana yang Cocok Untukmu?

perbedaan komplek dan perumahan

Sebagian dari kamu mungkin baru mengetahui hal ini, ternyata terdapat perbedaan komplek dan perumahan satu sama lain. Bagi kamu yang memutuskan untuk tinggal mandiri, memilih rumah dengan lingkungan yang sesuai dengan karaktermu tentunya bukan perkara mudah.

Akan tetapi, dengan mengetahui perbedaan komplek dan perumahan ini, barangkali bisa tergambarkan sekiranya lokasi mana yang cocok untuk dijadikan tempat tinggal.

Sebelum kita bahas perbedaan ini, ada baiknya mengetahui pengertian komplek dan perumahan secara umum terlebih dahulu.

Pengertian Komplek dan Perumahan

Komplek dapat diartikan sebagai sekelompok rumah dengan fasilitas yang standar. Beberapa rumah di komplek ini mungkin memiliki desain dan tipe yang sama, tetapi kebanyakan setiap rumah punya karakter berbeda.

Secara umum, komplek juga bisa disebut sebagai rumah rakyat atau perumahan nasional. Sedangkan perumahan, dari segi model dan tipe, biasanya dibangun secara seragam serta ditunjang dengan fasilitas super lengkap.

Perumahan terbagi menjadi beberapa jenis seperti cluster, residential, dan townhouse.

Perbedaan Komplek dan Perumahan

Sekarang kita akan membahas secara detail mengenai perbedaan komplek dan perumahan. Ada beberapa hal yang menjadi ciri khas pembeda antara kedua hal ini. Berikut inilah perbedaannya.

Lokasi Hunian

Lokasi hunian antara komplek dan perumahan bisa menjadi perbedaan pertama. Komplek biasanya dibangun di kawasan pinggiran kota atau bahkan di tengah perkampungan.

Sedangkan perumahan umumnya berdiri di pusat kota dengan akses yang mudah untuk menuju ke berbagai tempat. Seperti Wisteria Keppel Land yang dibangun di sentral Jakarta Timur.

Desain dan Konsep Hunian

Perbedaan lainnya yakni dari segi desain dan konsep hunian. Desain perumahaan biasanya lebih modern dan elegan dengan fasad yang mewah.

Selain itu, pihak pengembang biasanya memiliki aturan agar penghuninya tidak mengganti fitur rumah seperti fasad atau membangun pagar. Karena itulah, meski tampak sederhana, akan tetapi konsep bangunan di perumahan terjaga dengan baik, begitu rapi dan seragam.

Berbeda dengan komplek, yang umumnya memiliki desain dan konsep berbeda. Kamu bebas renovasi total rumah komplek yang kamu miliki sesuai keinginan.

Jumlah Hunian

Perumahan jenis cluster dan komplek memiliki jumlah hunian yang terbilang cukup sama. Akan tetapi perumahan terbagi lagi bangunannya sesuai tipe dan nama cluster.

Masing-masing tipe cluster biasanya memiliki hunian sekitar 100 hingga 300 rumah. Sementara perumahaan jenis townhouse paling banyak sekitar 50 hunian saja.

Perbedaan Komplek dan Perumahan dari Segi Fasilitas

Perbedaan komplek dan perumahan yang paling mencolok adalah dari segi fasilitasnya. Kamu tentu sudah tahu, perumahan memang dikenal punya fasilitas super lengkap.

Mulai dari sarana pendidikan, kesehatan, rekreasi hingga tempat untuk gaya hidup dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari, tersedia di perumahan. Fasilitas ini tentunya hanya sedikit dimiliki kawasan komplek.

Ada beberapa fasilitas di komplek seperti taman bermain dan kolam renang, tetapi biasanya hanya memiliki kapasitas yang terbatas.

Sistem Keamanan

Perbedaan selanjutnya yakni sistem keamanan. Perumahan rata-rata memiliki keamanan yang baik, seperti one gate system, pemasangan CCTV, Smart Door Lock System, bahkan Panic Button yang terhubung langsung ke satuan keamanan.

Jika kamu ingin tinggal di lingkungan dengan sistem keamanan terbaik, perumahan bisa jadi pilihannya. Berbeda dengan komplek, biasanya setiap penghuni memasang sistem keamanan masing-masing seperti meninggikan pagar rumah atau memasang CCTV sendiri.

Harga Hunian

Perumahaan biasanya memiliki harga hunian yang cenderung mahal, apalagi jika letaknya strategis di pusat kota. Sekalipun itu tipe terkecil, kisaran harga paling rendah sekitar Rp 1 miliaran.

Sedangkan harga hunian di komplek terbilang cukup variatif, karena tergantung nilai jual tanah di wilayah hunian.

Perbedaan Komplek dan Perumahan dari Segi Ikatan Sosial

Jika kamu ingin tinggal di lingkungan yang punya ikatan sosial tinggi, komplek bisa jadi jawabannya. Berbeda di kawasan perumahan seperti cluster atau townhouse mewah, lingkungan sosialnya telah diatur sedemikian rupa sehingga terjaga privasi setiap penghuninya.

Selain itu, kebanyakan penghuni bersifat individual. Tentunya berbanding terbalik dengan warga komplek yang biasanya rutin melakukan gotong royong, kerja bakti dan lain sebagainya.

Itulah sekilas informasi mengenai perbedaan komplek dan perumahan. Memilih rumah di lingkungan yang cocok memang tidak mudah. Selama rumah yang kamu huni terasa nyaman dan aman, ditambah dengan lingkungan dan fasilitas yang mendukung karakter sosial, maka tempat tersebut layak untuk kamu huni.

Telusuri informasi lengkap seputar rumah impian kamu di Xavier Marks Summarecon Bekasi. Ikuti juga Instagram @xmarks.summareconbekasi untuk update terkini seputar properti dan rumah untuk masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest post

Gallery

Send A Message

Ada yang Ingin Anda Tanyakan Pada Kami?

Xavier Marks Summarecon Bekasi siap menjadi partner terbaik Anda untuk berdiskusi dan memberikan kemudahan transaksi dalam bidang real estate