KPR Itu Apa? Kupas Tuntas Penjelasannya di Sini!

KPR Itu Apa

Bagi Anda yang berencana memiliki rumah melalui sistem KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah, sebelumnya tentu Anda harus memahami KPR itu apa. KPR memang menjadi salah satu solusi pembiayaan yang ditawarkan oleh berbagai pihak untuk memudahkan kita mendapatkan rumah idaman.

KPR adalah sebuah fasilitas pinjaman yang ditawarkan pihak bank kepada nasabahnya yang digunakan untuk pembelian rumah dengan skema tertentu. Skema kredit tersebut dibedakan menjadi dua, yaitu KPR subsidi serta KPR non subsidi dimana keduanya memiliki perbedaan yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

KPR Itu Apa

KPR Subsidi

KPR subsidi merupakan program subsidi dari pemerintah yang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah agar memiliki rumah secara mandiri. Subsidi ini diberikan dengan bentuk subsidi dana dan keringanan kredit. Beberapa kriteria penerima KPR subsidi antara lain :

  • KPR subsidi diperuntukan kepada para pekerja yang memiliki penghasilan bulanan di bawah Rp 8 juta.
  • Pekerja tersebut belum memiliki rumah sendiri.
  • KPR jenis ini hanya dapat digunakan untuk maksimal rumah tipe 36 dengan maksimal harga Rp 120 juta.
  • Suku bunga pada kisaran 7,25%.

KPR subsidi sendiri masih terbagi dalam beberapa program yang ditawarkan pemerintah, antara lain :

  • FLPP

KPR FLPP atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan adalah program KPR subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang dikelola dan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

  • SBUM

KPR SBUM merupakan subsidi yang diberikan pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah dalam bentuk pemenuhan sebagian atau seluruh uang muka rumah.

  • BP2BT

KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan merupakan KPR bersubsidi hasil kerja sama antara Kementerian PUPR dan Bank BTN yang diberikan berbarengan dengan subsidi uang muka untuk masyarakat yang sebelumnya memiliki tabungan untuk pembelian rumah tapak.

KPR Non Subsidi

Untuk memahami KPR itu apa, selanjutnya kita akan membahas KPR Non Subsidi. Perbedaan mendasar dari KPR jenis ini dan KPR subsidi adalah cakupannya yang lebih luas. KPR Non subsidi diperuntukan utamanya bagi masyarakat kelas menengah yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan KPR bersubsidi. Bank merupakan pihak yang mengatur ketentuan, syarat, besaran kredit, dan suku bunga yang biasanya mengikuti BI Rate.

Persyaratan KPR :

  • Nasabah telah berusia minimal 21 tahun
  • Telah mempunyai penghasilan tetap
  • Untuk pegawai, mempunyai masa kerja minimal 1 tahun
  • Untuk pengusaha, minimal usahanya telah beroperasi selama 2 tahun
  • Lolos BI Checking

Berapa Lama Proses KPR Rumah ?

Lamanya waktu proses KPR sangat bergantung dari kelengkapan dokumen syarat yang Anda ajukan. Jika semua dokumen telah Anda sertakan dengan benar, pihak bank kemudian akan melakukan verifikasi apakah Anda memiliki riwayat blacklist perkreditan atau tidak yang biasanya proses berlangsung kurang lebih satu bulan untuk kemudian dilanjutkan pada proses akad kredit. Beberapa masalah yang menghambat proses pengajuan KPR adalah skor kredit BI Checking dan masalah pada developer rumah.

Itulah pembahasan untuk memahami KPR itu apa. Untuk mempercepat proses pengajuan, pahami dan lengkapi semua dokumen persyaratan. Pastikan juga Anda membelinya dari developer atau agen properti yang terpercaya. Jika Anda sedang mencari rumah idaman dengan kualitas terjamin, Anda bisa mempertimbangkan bantuan agen properti terpercaya Xavier Marks. Tunggu apa lagi, ikuti @xmarks_kelapagading sekarang juga dan dapatkan info dan penawaran terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest post

Gallery

Send A Message

Ada yang Ingin Anda Tanyakan Pada Kami?

Xavier Marks Summarecon Bekasi siap menjadi partner terbaik Anda untuk berdiskusi dan memberikan kemudahan transaksi dalam bidang real estate